dc.description.abstract |
Penanaman nilai-nilai agama kepada anak yang pertama dan utama
adalah tanggung jawab orang tua. Keberagamaan suatu keadaan yang
ada dalam diri seseorang yang mendorong untuk bertingkah laku sesuai
dengan kadar ketaatannya terhadap agama. Membiasakan ibadah pada
anak juga ditentukan bagaimana orang tua dapat membangun
komunikasi yang baik dan tepat agar anak dapat menerima dengan baik
komunikasi tersebut dan anak dapat melaksanakan ibadahnya dengan
senang hati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola
asuh orang tua dan komunikasi orang tua terhadap perilaku
keberagamaan siswa di MTs Nurul Huda Kebagusan Jakarta Selatan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan penelitian
expost facto. Penelitian kuantitatif merupakan suatu penelitian yang
analisisnya secara umum memakai analisis statistik. Dalam pengumpulan
data-data penulis menggunakan angket yang disebar ke 57 siswa. Teknik
pengambilan sampel menngunakan random sampling yang disebarkan di
kelas IX B, C, dan D yang dari masing-masing kelas diambil 19 orang.
Dalam mengelolah angket ini peneliti menggunakan uji persyarat data,
yaitu dengan uji normalitas, uji linear, uji multikolinearitas lalu uji
hipotesis dengan dengan uji T dan uji F. Penulis dapat data penunjang
yang lain melalui wawancara kepada wali kelas. Adapun penulisan dalam
penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pola asuh orang tua
terhadap perilaku keagamaan anak, terdapat pengaruh komunikasi
orang tua terhadap perilaku keagamaan anak, terdapat pengaruh positif
pola asuh orang tua dan komunikasi orang tua secara bersama-sama
terhadap perilaku keagamaan anak di MTs Nurul Huda Kebagusan
Jakarta Selatan |
en_US |