Abstract:
Masih sedikit minat peserta didik untuk mengikuti pelajaran, serta masih
banyak peserta didik yang keluar-masuk kelas tanpa ada perlu ketika jam
pelajaran berlangsung dan kurangnya perhatian guru dalam menciptakan
metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif belajar mengajar sehingga
membuat anak merasa bosan dikelas. Adapun rumusan masalah pada
penelitian ini yaitu bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam
meningkatkan keberhasilan kegiatan pembelajaran PAI di madrasah
tsanawiyah (MTs) Islamiyah Ciputat?. Untuk menjawab rumusan masalah
tersebut digunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif
analisis. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peran kepala
sekolah dalam meningkatan keberhasilan kegiatan pembelajaran di MTs.
Islamiyah Ciputat yaitu peran kepemimpinan kepala sekolah MTs. Islamiyah
Ciputat merupakan tipe kepemimpinan karismatik dan suportif yang memiliki
kerjasama yang baik antara guru dan peserta didik dalam membuat
perencanaan pembelajran, membimbing, memimpin, mengarahkan para guru
dan peserta didik, melakukan pengawasan dan evaluasi pembelajaran kepada
guru dan peserta didik. Sekolah MTs. Islamiyah Ciputat sudah berhasil,
dilihat dari akreditasi sekolahnya yang terakreditasi A.