dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini adalah peranan guru Pendidikan Agama Islam
sangat dibutuhkan agar mampu menumbuhkan kecerdasan spiritual pada
siswanya. Bukan hanya memiliki kecerdasan intelektual, namun peserta
didik diharapkan dapat memiliki kecerdasan secara spiritual. Dengan inilah
peserta didik dapat menjadi manusia seutuhnya atau insan kamil yang dapat
menyikapi setiap permasalahan dan kejadian apapun yang dialaminya dengan
berpegang teguh pada Allah dan Rasulnya. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam
dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMP Islamiyah
Ciputat Kota Tangerang Selatan. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut,
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berjumlah
2 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Wawancara,
Observasi, dan Dokumentasi. Berdasarkan Penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan
kecerdasan spiritual peserta didik yaitu dengan memberikan motivasi,
membimbing, mendidik, memberikan keteladanan, memberikan hadiah,
hukuman, mengadakan kegitan tadabbur alam, membiasakan membaca doa
dan surat-surat pendek ketika sebelum belajar maupun setelah belajar serta
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan |
en_US |