Abstract:
Etika-etika dalam pembelajaran kaligrafi merupakan hal yang harus
diperhatikan dan diterapkan oleh peserta kursus dalam setiap
pembelajaran, dengan tujuan agar pembelajaran kaligrafi dapat berjalan
dengan lancar serta sesuai dengan tujuan pembelajaran, etika dalam
pembelajaran kaligrafi juga dpat mempengaruhi keberhasilan peserta
kursus. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apa dan
bagaimana program kegiatan di LEMKA Jakarta?, apa dan bagaimana
etika dalam pembelajaran kaligrafi di LEMKA Jakarta?, dan bagaimana
penerapan nilai-nilai religius dalam pembelajaran kaligrafi Al-Qur’an
dan sejauh mana dampak yang dirasakan oleh setiap peserta kursus?.
Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode
Penelitian kualitatif dan kuantitatif (mix methods) yang bersifat deskriptif
kualitatif dan analisis data korelasi product moment. Dari hasil penelitian
dapat diperoleh kesimpulan bahwa program kegiatan pembelajaran
kaligrafi di LEMKA Jakarta sudah berjalan dengan baik. Ada beberapa
etika dalam pembelajaran kaligrafi yang harus diterapkan oleh setiap
peserta kursus. Untuk menerapkan nilai-nilai religius dalam
pembelajaran kaligrafi guru harus memberikan keteladanan yang baik
terhadap peserta kursus dan peserta kursus harus menerapkan etikaetika
dalam pembelajaran kaligrafi agar nilai-nilai religius itu dapat
tertanam dalam diri masing-masing.