DSpace Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Shopiyah
dc.contributor.author Tamara Shopia, 14311434
dc.date.accessioned 2020-07-20T05:18:17Z
dc.date.available 2020-07-20T05:18:17Z
dc.date.issued 2018-09-17
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/887
dc.description.abstract Latar belakang dari penelitian ini adalah pendidikan merupakan suatu yang mutlak bagi kehidupan manusia yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Guru merupakan bagian penting dalam keberlangsungan pendidikan, guru adalah motivator, pembimbing, dan korektor, guru harus membantu peserta didik memecahkan setiap masalah. Dalam proses menghafal Al-Qur‟an perlu diupayakan beberapa cara agar dapat mempengaruhi motivasi intrinsik dan ekstrisik melalui metode yang tepat sehingga dapat medorong timbulnya motivasi menghafal. Berkaitan dengan masalah peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi siswa menghafal Al-Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa menghafal Al-Qur‟an, apa faktor penghambat dan pendukung dalam memberikan motivasi kepada siswa, dan bagaimana hasil motivasi guru terhadap siswa dalam menghafal Al-Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Tangerang Selatan. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk penelitian lapangan (field reseach) yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi serta analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dan penggerak dalam meningkatkan motivasi siswa menghafal Al-Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Tangerang Selatan, upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi menghafal ada tiga, dengan cara: menceritakan kisah-kisah inspiratif para penghafal Al-Qur‟an yang dapat membangkitkan kembali semangat siswa, memberikan kebebasan kepada siswa untuk menyetorkan hafalan di waktu senggang di dalam sekitaran sekolah dan mengajak siswa untuk terus mengulang hafalan yang telah didapat. Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi siswa menghafal Al-Qur‟an adalah keinginan siswa dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat adalah banyaknya jumlah siswa dalan satu kelas dan kurang jumlah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Tangerang Selatan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) en_US
dc.subject Motivasi Siswa en_US
dc.subject Menghafal Al-Qur’an en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account