dc.description.abstract |
Latar belakang dari penelitian ini adalah pendidikan merupakan suatu
yang mutlak bagi kehidupan manusia yang harus dipenuhi sepanjang hayat.
Guru merupakan bagian penting dalam keberlangsungan pendidikan, guru
adalah motivator, pembimbing, dan korektor, guru harus membantu peserta
didik memecahkan setiap masalah. Dalam proses menghafal Al-Qur‟an perlu
diupayakan beberapa cara agar dapat mempengaruhi motivasi intrinsik dan
ekstrisik melalui metode yang tepat sehingga dapat medorong timbulnya
motivasi menghafal. Berkaitan dengan masalah peran guru Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan motivasi siswa menghafal Al-Qur‟an di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini
dimaksudkan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi
siswa menghafal Al-Qur‟an, apa faktor penghambat dan pendukung dalam
memberikan motivasi kepada siswa, dan bagaimana hasil motivasi guru
terhadap siswa dalam menghafal Al-Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri
(MIN) 1 Kota Tangerang Selatan.
Penelitian dilaksanakan dalam bentuk penelitian lapangan (field
reseach) yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Metode
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi serta
analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan guru Pendidikan Agama Islam
sebagai motivator dan penggerak dalam meningkatkan motivasi siswa
menghafal Al-Qur‟an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota
Tangerang Selatan, upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam
dalam meningkatkan motivasi menghafal ada tiga, dengan cara: menceritakan
kisah-kisah inspiratif para penghafal Al-Qur‟an yang dapat membangkitkan
kembali semangat siswa, memberikan kebebasan kepada siswa untuk
menyetorkan hafalan di waktu senggang di dalam sekitaran sekolah dan
mengajak siswa untuk terus mengulang hafalan yang telah didapat. Faktor
pendukung dalam meningkatkan motivasi siswa menghafal Al-Qur‟an adalah
keinginan siswa dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat
adalah banyaknya jumlah siswa dalan satu kelas dan kurang jumlah guru
Pendidikan Agama Islam (PAI) yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Negeri
(MIN) 1 Kota Tangerang Selatan. |
en_US |