DSpace Repository

Efektifitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Studi Kasus di SD Islam Al-Syukro

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yayah Nurmaliah
dc.contributor.author Tati Siti Fajriyah, 14311435
dc.date.accessioned 2020-07-20T05:20:16Z
dc.date.available 2020-07-20T05:20:16Z
dc.date.issued 2018-08-03
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/888
dc.description.abstract Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran baca tulis Al-Qur’an bagi masa depan siswa. Secara teoritis, materi tentang kaidah membaca dan menulis Al-Qur’an sudah diberikan kepada siswa, tapi pada praktiknya masih ada siswa yang terbata-bata dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SDI Al-Syukro. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana efektifitas pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SDI Al-Syukro?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), dan siswa kelas V A SDI Al-Syukro, sedangkan data sekunder berasal dari buku dan literature lainnya sebagai pelengkap data primer. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran baca tulis Al- Qur’an di SD Islam Al-Syukro dinilai efektif karena keberhasilannya dalam mencapai target yang telah ditentukan. Target siswa kelas V dalam bidang baca tulis Al-Qur’an adalah dapat membaca Al-Qur’an dengan lancar dan tartil serta menuliskan teks Arab dengan rapi dan terbaca. Prestasi siswa dalam membaca Al-Qur’an terlihat cukup baik dan tulisan teks Arab siswa yang tertera dalam buku latihan terlihat rapi dan terbaca. Efektifitas pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dipengaruhi oleh bagaimana para guru menerapkan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an kepada siswa. Penggunaan media pengajaran dan kemampuan guru dalam penguasaan kelas juga mempengaruhi efektifitas pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Islam Al- Syukro. Selanjutnya, semoga penelitian ini dapat menjadi khazanah, masukan dan bahan informasi bagi berbagai pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an en_US
dc.title Efektifitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Studi Kasus di SD Islam Al-Syukro en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account