dc.contributor.advisor |
Yayah Nurmaliah |
|
dc.contributor.author |
Tati Siti Fajriyah, 14311435 |
|
dc.date.accessioned |
2020-07-20T05:20:16Z |
|
dc.date.available |
2020-07-20T05:20:16Z |
|
dc.date.issued |
2018-08-03 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/888 |
|
dc.description.abstract |
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran baca
tulis Al-Qur’an bagi masa depan siswa. Secara teoritis, materi tentang kaidah
membaca dan menulis Al-Qur’an sudah diberikan kepada siswa, tapi pada
praktiknya masih ada siswa yang terbata-bata dalam membaca dan menulis
Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan
pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SDI Al-Syukro. Studi ini dimaksudkan
untuk menjawab permasalahan: Bagaimana efektifitas pelaksanaan
pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SDI Al-Syukro?.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data
primer diperoleh dari kepala sekolah, guru Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), dan
siswa kelas V A SDI Al-Syukro, sedangkan data sekunder berasal dari buku
dan literature lainnya sebagai pelengkap data primer. Data diperoleh melalui
teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran baca tulis Al-
Qur’an di SD Islam Al-Syukro dinilai efektif karena keberhasilannya dalam
mencapai target yang telah ditentukan. Target siswa kelas V dalam bidang
baca tulis Al-Qur’an adalah dapat membaca Al-Qur’an dengan lancar dan
tartil serta menuliskan teks Arab dengan rapi dan terbaca. Prestasi siswa
dalam membaca Al-Qur’an terlihat cukup baik dan tulisan teks Arab siswa
yang tertera dalam buku latihan terlihat rapi dan terbaca. Efektifitas
pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dipengaruhi oleh bagaimana para guru
menerapkan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an kepada siswa. Penggunaan
media pengajaran dan kemampuan guru dalam penguasaan kelas juga
mempengaruhi efektifitas pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Islam Al-
Syukro.
Selanjutnya, semoga penelitian ini dapat menjadi khazanah,
masukan dan bahan informasi bagi berbagai pihak yang membutuhkan di
lingkungan Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an |
en_US |
dc.title |
Efektifitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Studi Kasus di SD Islam Al-Syukro |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |