dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi karena Yayasan Tebar Iman Ciputat
sebagai salah satu lembaga di daerah Tangerang Selatan yang
menerapkan program pendidikan gratis untuk anak-anak dhuafa di
Indonesai sejak tahun 1995. Yayasan Tebar Iman didirikan atas
inisiatif beberapa sesepuh Dirjen Pajak yang peduli dengan anakanak
muda remaja yang cenderung terpinggirkan oleh keadaan yakni
remaja yang yatim dan tidak mampu. Penelitian ini menggunakan
jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan deskripsi. Data dalam
penelitian ini diperoleh dengan mengumpulkan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi secara mendalam kepada key
informant yang berkaitan dengan manajemen program pendidikan
gratis yang dilakukan oleh Yayasan Tebar Iman Ciputat sehingga
diperoleh data yang akurat dan konkret. Hasil penelitian,
menunjukkan bahwa manajemen program pendidikan gratis di
Yayasan Tebar Iman dalam meningkatkan keterampilan hidup (life
skill) siswa telah berjalan dengan sistematik, yaitu meliputi proses
planning, organizing, actuating, controlling dan evaluasi. Dana
pendidikan dalam melaksankan program pendidikan gratis selama
tujuh bulan ditanggung oleh donatur tetap yaitu para sesepuh Dirjen.
Yayasan Tebar Iman tidak pernah membuat proposal atau pengajuan
dana ke lembaga atau instansi lain. Dalam meningkatkan ketrampilan
hidup siswa Yayasan Tebar Iman menerapkan pendidikan gabungan
antara pendidikan keterampilan (menjahit, tata boga, komputer,
otomotif, perkebunan) dan pendidikan agama (fiqih, akidah akhlak,
ilmu hadist, dan tahfidzul Qur’an. |
en_US |