DSpace Repository

Strategi Mahasiswi Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an (Studi Kasus Mahasiswi IIQ Jakarta fakultas Tarbiyah semester 6)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Feti Vera, 14311447
dc.date.accessioned 2020-07-20T05:39:14Z
dc.date.available 2020-07-20T05:39:14Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/894
dc.description.abstract Al-Qur’an merunkakan kitab sempurna yang menjadi pedomana bagi umat manusia, sehingga menjadi kewajiban umat Islam untuk menjaganya, dengan salah satu uapaya adalah dengan menghafalnya. Menghafal kalamaullah yang jumlahnya begitu banyak menurut akal sangat sulit menjalaninya. Apalagi seorang mahasiswa merangkap sebagai penghafal Al- Qur’an. Maka dari itu Intitut Ilmu Al-Qur’an Jakarta melahirkan mahasiswimahasiswi yang berakhalak mulia, hafizhah, dan yang terpenting adalah dapat mengaplikasikan kedunia masyrakat. Namun pada kenyataanya beberapa mahasiswi masi merasa kesulitan dalam mengahafal Al-Qur’an. Rumusan masalah dari penelitian ini problem apa yang dihadapi mahasiswi semester 6 fakultas tarbiyah dalam mengahafal Al-Qur’an, bagaimana solusi dan strategi mengatasi problem dalam mengafal Al-Qur’an. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Problem tahfizh yang dihadapi mahsiswi semestre 6 fakultas tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta yaitu: a) Rendahnya motivasi dari mahasiswi sendiri, Solusi yang dilakukan mahasiswi semestr 6 fakultas Tarbiyah yaitu memotivasi diri sendiri, sering melakukan muraja’ah, serta bisa mengetahui cara menghafal yang baik dan benar, Strategi mahasiswi dalam mengahafal Al-Qur’an yaitu langkah pertama yang dilakukan adalah Tahsin Al-Qur’an (membaguskan bacaan), menggunakan satu jenis mushaf dalam menghafal Al-Qur’an, tidak beralih pada ayat yang berikutnya sebelum menguasai ayat yang sebelumnya, membaca bin-nadzhri sebelum memulai hafalan, memberi tanda kepada ayat-ayat yang serupa agar mudah dalam mengigatnya, dan menyetorkan hafalan kepada instruktrur tiga kalai dalam seminggu, tujuanya membantu menyelasaikan program yang diambil mahasiswi semester 6 fakulatas tarbiyah di Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Mahasiswi en_US
dc.subject Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an en_US
dc.title Strategi Mahasiswi Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an (Studi Kasus Mahasiswi IIQ Jakarta fakultas Tarbiyah semester 6) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account