dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini pengajaran Al-Qur’an hendaknya dimulai sejak
dini, karena pada masa ini merupakan awal perkembangan manusia. Salah
satu faktor yang berpengaruh dalam membantu anak-anak usia dini agar
dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar adalah dengan
memperhatikan metode yang digunakan. Dalam perjalanannya ternyata
pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menghadapi problem yang tidak sedikit
dan sederhana seperti input siswa beragam, jumlah jam pelajaran yang
terbatas, guru, sarana dan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an terbatas.
Pembelajaran baca dan tulis Al-Qur’an dapat mengambil nilai lebih guna
dalam meningkatkan kemampuan Spiritualitas pada anak dari metode
pembelajaran membaca Al-Qur’an ini. Pada penelitian ini berfokus pada
bagaimana Implementasi Metode Qiraati dalam Meningkatkan Baca Tulis
Al-Qur’an dan Spiritualitas Anak Usia di TK Babussalam Ciputat. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di TK
Babussalam Ciputat, pada bulan Juli 2018. Objek penelitian ini adalah Kepala
Sekolah, guru/wali kelas dan peserta didik TK Babussalam Ciputat. Adapun
metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi
dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi
Metode Qiraati dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an di TK Babussalam
Ciputat, sudah berjalan dengan baik hal ini dilihat dari proses pembelajaran
yang sudah sesuai dengan kurikulum Qiraati, dan dalam penerapannya
terdapat strategi yang digunakan diantaranya adalah strategi individual,
strategi klasikal dan strategi klasikal baca simak. Peningkatan spiritualitas
anak usia dini di TK Babussalam Ciputat dinilai sudah relevan dengan teori
spiritualitas untuk anak usia dini, dilihat dari adanya pembiasaan yang di
ajarkan oleh sekolah seperti: shalat berjamaah, wudhu, hafalan surat-surat
pendek, berdoa sebelum dan sesudah melakukan perbuatan adab dalam
kehidupan sehari-hari. dan siswa diharapkan dapat mengaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun dirumah. |
en_US |