Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Mts Muhammadiyah 1 Ciputat. Dengan rumusan masalahsebagai berikut: (1) Strategi guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Mts Muhamadiyyah 1 Ciputat. (2) hambatan dan solusi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.
Untuk mencapai tujuan tersebut, menggunakan metode kualitatif, adapun dengan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan aspek yang relavan dengan fenomena yang diamati. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) belom mencapai naksimal karena selain gedung yang belum mencapai standar untuk bisa mencakup semua siswa dalam melaksanakan disiplin, (2) guru memberikan motivasi persepsi, (3) keadaan siswa, lingkungan sekolah, guru, gedung sekolah, masyarakat. dengan diadakan shalat berjamaa’ah di sekolah maka akan menjadikan siswa di sekolah maupun di rumah menjadi terbiasa disiplin. Disiplin ini sangat baik dilaksanakan karena sesuai sangat baik dilaksanakan karena sesuai dengan kurikulum yang selanjutnya siswa dapat mengaplikasikan disiplin tersebut di sekolah maupun di rumah