Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa menghafal Al-Qur`an
merupakan perkara yang amat penting dan sangat mungkin untuk dilakukan
oleh setiap muslim. Dalam prosesnya perlu membutuhkan usaha yang keras.
Jika minat yang dimiliki siswa lemah, maka problematika tersebut bisa
menghambat siswa dalam menghafal Al-Qur`an. Maka dari itu diperlukanlah
suatu kegiatan untuk merangsang minat ataupun gairah siswa dalam
menghafalkannya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan
mengungkapkan bahwasanya program Tahfiz Camp dapat membantu siswa
dalam meningkatkan minat menghafal Al-Qur`an.
Penelitian ini dilakukan dengan jenis pendekatan kualitatif. Tempat
penelitian di SD Emirattes Islamic School. Subjek dalam penelitian ini yaitu
kepala sekolah, wakil kepala sekolah, mentor Tahfiz Camp, dan siswa.
Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi/menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Tahfiz Camp dalam
perannya memiliki banyak manfaat yang dirasakan oleh pihak sekolah,
siswa, serta orang tua. Dari kegiatan tersebut memberikan pengaruh positif
terhadap minat menghafal Al-Qur`an siswa, meningkatkan motivasi,
sehingga dapat membantu akselerasi tahfiz siswa serta menumbuhkan sikap
tanggung jawab.