Abstract:
Iklim kelas merupakan segala situasi yang muncul akibat hubungan antara
pendidik dan peserta didik atau hubungan antar peserta didik yang menjadi
ciri khusus dari kelas yang mempengaruhi proses belajar mengajar. Iklim
kelas yang kondusif akan membuat proses belajar mengajar mecapai
tujuan pembelajaran dengan baik, sehingga siswa dapat menguasai materi
yang diberikan dengan baik pula. Penelitian bertujuan untuk mengetahui
apakah terdapat pengaruh iklim kelas terhadap penguasaan materi PAI
siswa di SMP Darussalam Ciputat.
Metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan
menggunakan analisis korelasi product moment. Sedangkan teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling
dengan penentuan sampel sebanyak 72 orang dari total populasi 240 siswa
kelas IX di SMP Darussalam Ciputat.
Hasil analisis data dari penelitian ini menunjukkan rxy = 0,418, hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim kelas
terhadap penguasaan materi PAI siswa di SMP Darussalam Ciputat.
Kemudian hasil analisis data penelitian ini juga dapat dibuktikan
berdasarkan perhitungan rxy = 0,418 yang terletak diantara 0,40-0,70 yang
berarti antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sedang atau
cukup. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh posistif yang
signifikan antara iklim kelas terhadap penguasaan materi PAI siswa di
SMP Darussalam Ciputat.