Abstract:
Skripsi ini meneliti tentang pengaruh
segregasi gender kelas terhadap prestasi belajar peserta didik di MA Jamiat
Kheir Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan di MA Jamiat Kheir Jakarta
Pusat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dan
pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, kuesioner, dan
dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dan dianalisis bahwa
segregasi gender kelas yang berada di MA Jamiat Kheir Jakarta Pusat
tergolong baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh segregasi
gender kelas terhadap prestasi belajar akidah akhlak putra putri MA Jamiat
Kheir Jakarta Pusat berkorelasi atau berpengaruh. Hal ini terbukti dari hasil
0,944 lebih besar dari rtabel, baik pada taraf signifikasi 5% yaitu 0,250 dan
taraf signifikasi 1% yaitu 0,325. Dengan demikian Ha yang menyatakan
segregasi gender kelas berpengaruh pada prestasi belajar akidah akhlak putra
putri MA Jamiat Kheir Jakarta Pusat adalah diterima, dan Ho yang
menyatakan bahwa segregasi gender kelas tidak berpengaruh pada prestasi
belajar akidah akhlak putra putri MA Jamiat Kheir Jakarta Pusat adalah
ditolak.
Kata