Abstract:
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif
analisis dengan pengumpulan data melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Latar belakang mengambil permasalahan ini adalah
pendekatan yang digunakan ketika pembelajaran berlangsung di kelas.
Pendekatan memiliki nilai yang penting karena itu adalah salah satu jalan
yang ditempuh guru dalam menyampaikan materi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah
Pembangunan UIN Jakarta, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pendekatan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar menggunakan
pendekatan saintifik. Pendekatan ini diketahui secara langsung dan tidak
langsung mempengaruhi dalam pembentukan kompetensi spiritual dan
kompetensi sosial pada siswa. Dengan melakukan proses mengamati,
menanya, menggali informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasi, siswa
ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yang mana akan membentuk
kompetensi spiritualnya terlebih ketika dalam pelaksanaan pembelajaran
PAI.
Selain itu, pembentukan kompetensi spiritual dan sosial siswa di
lingkungan madrasah juga dibangun dengan habitual kurikulum atau
kurikulum pembiasaan. Dalam kurikulum ini kegiatannya berupa membaca
dan menghafal Al-Qur'an, menghafal doa-doa, sholat dhuha serta partisipasi
aktif dalam kegiatan dan hari-hari besar Islam. Kegiatan ini dilakukan dalam
rangka pembinaan serta peningkatan kualitas dalam aspek spiritual serta
sosial siswa Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta