Abstract:
Dalam dunia pendidikan, guru dituntut untuk pintar mengelola kelas
agar tercipta suasana kelas yang nyaman dan kondusif. Maka dari itu, untuk
menunjang terciptanya suasana tersebut diperlukan strategi-strategi yang
harus dikuasai oleh guru, salah satunya adalah penerapan reward. Reward ini
dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar, sehingga saat
pelakasanaan KBM di kelas dapat terlaksana dengan baik dan kondusif. Pada
saat penulis melakasanakan tugas PPKT di SMP International Islamic
Secondary School penulis mengamati bahwa di sekolah ini menerapkan
reward berupa score point beserta reward-reward yang unik lainnya.
Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti ingin mengetahui lebih
lanjut bagaimana penerapan reward berupa score point di SMP International
Islamic Secondary School. Selain itu peneliti ingin menganalisis
bagaimana efektifitas pemberian reward dalam menciptakan iklim kelas
yang kondusif pada mata pelajaran akidah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian yang bersifat deskriptif analisis, dengan menguraikan keadaan
atau fakta yang sebenarnya sesuai yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang
digunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan tahapan penelitian yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini
menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan/verifikasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan reward di
SMP International Islamic Secondary School sangat efektif dan berdampak
positif pada mata pelajaran Akidah, dan mampu membuat peserta didik
tertarik, nyaman, senang, dan dapat meningkatkan keaktifan dan semangat
belajar peserta didik. Reward yang digunakan oleh sekolah ini antara lain
pujian, hadiah, penghargaan lima pilar dan score point. Penerapan reward ini
juga sangat efektif dan mempunyai respon yang positif dari peserta didik
sehingga dapat menciptakan clasroom climate yang kondusif pada mata
pelajaran akidah.