dc.description.abstract |
Pekerjaan rumah adalah kegiatan di luar kelas yang biasanya digunakan
sebagai tolak ukur dan tambahan nilai dari guru untuk melihat timbal balik
atas apa yang telah dipelajarinya di sekolah. Pemberian pekerjaan rumah
yang diberikan oleh guru sangat efektif guna mendorong dan memotivasi
siswa belajar di luar jam sekolah, karena pekerjaan rumah sangatlah
berpengaruh terhadap perkembangan belajar siswa. salah satu mata
pelajarannya adalah Pendidikan agama Islam (PAI), sebab hal ini sangat
berkaitan dengan kehidupan manusia di mana dalam kehidupan sehari-hari
tidak terlepas dari kewajiban kita sebagai umat Islam. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dan analisa pekerjaan rumah
terhadap perkembangan belajar siswa di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus melalui analisis data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah
bidang kurikulum dan pembelajaran, guru bidang studi pendidikan agama
Islam (PAI), siswa kelas VIII dan orangtua siswa kelas VIII di SMP Negeri
3 Tangerang Selatan.
Hasil dan analisis data dari penelitian ini menunjukkan bahwa pekerjaan
rumah dalam perkembangan belajarnya berdampak positif bagi siswa di
SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Hal ini dapat diketahui ketika proses
pembelajaran siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran, saling
berdiskusi dengan guru dan temannya, tidak sungkan untuk bertanya kepada
guru, berani menjawab pertanyaan, rajin dalam mengerjakan PR dan
mengumpulkan PR tepat waktu. Sementara ketika siswa berada di rumah
diketahui dari perhatian orang tua dan sikap siswa ketika ada yang
mendampinginya dalam mengerjakan PR, sikap siswa ketika mendapat
pekerjaan rumah (bertanya atau tidak) dengan orang tuanya, serta intensitas
waktu belajar. |
en_US |