DSpace Repository

Penerapan Metode VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic and Tactile) untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Disleksia pada Pembelajaran PAI (Studi Kasus di SD Pantara Jakarta Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Alfi Fathiah, 15311499
dc.date.accessioned 2020-07-24T05:00:52Z
dc.date.available 2020-07-24T05:00:52Z
dc.date.issued 2019-08-14
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/925
dc.description.abstract Pada dasarnya kesulitan belajar tidak hanya dialami oleh siswa berkemampuan rendah saja, tetapi juga dialami oleh siswa berkemampuan tinggi. Selain itu, kesulitan belajar juga dapat dialami oleh siswa yang berkemampuan rata-rata (normal) disebabkan oleh faktor-faktor tertentu yang menghambat tercapainya kinerja akademik sesuai dengan harapan. Adapun tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode VAKT untuk meningkatkan pemahaman anak disleksia pada pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui analisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, siswa disleksia dan wali kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam hal mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa, seorang guru harus bisa memberikan suatu metode pembelajaran kepada siswa yang menarik dan mudah dipahami siswa. Dengan menggunakan metode multisensori atau VAKT pada pembelajaran PAI, siswa yang mengalami kesulitan bisa tertangani dengan tepat. (2) Pola pengaturan kelasnya berbeda dengan sekolah lain. SD Pantara menggunakan penanganan kelas kecil, Kelas tersebut tidak dikelompokkan per gangguan belajarnya (disleksia, diskalkulia, disgrafia dan autis). Tetapi dikelompokkan menurut levelnya yaitu kelas 1-6 SD. (3) Penerapan metode VAKT yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama islam bahwa adanya peningkatan pemahaman anak disleksia di SD Pantara dibuktikan dengan adanya pembiasaan sikap keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman Pendidikan Agama Islam dilihat dari praktik berwudhu, azan, iqomah, sholat dan berpuasa saat Bulan Ramadhan. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode VAKT yang dilakukan oleh guru PAI pada pembelajaran PAI menghasilkan dampak yang positif dan efektif terhadap pemahaman belajar siswa disleksia. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Metode VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic and Tactile) en_US
dc.subject Anak Disleksia en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.title Penerapan Metode VAKT (Visual, Auditory, Kinesthetic and Tactile) untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Disleksia pada Pembelajaran PAI (Studi Kasus di SD Pantara Jakarta Selatan) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account