Abstract:
Banyaknya alasan yang diutarakan siswa SMK untuk tidak hadir ketika
pelajaran Agama Islam berlangsung sehingga peneliti ingin mengetahui lebih
dalam bagaimana cara guru dalam menyampaikan pembelajaran Agama
Islam yang menarik sehingga membangkitkan minat siswa untuk mengikuti
pembelajaran Agama Islam.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pelajaran
Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskritif analisis data berupa observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Sumber data kepala sekolah, guru Pendidikan Agama
Islam, dan siswa kelas xi SMK. Hasil penelitian ini menunjukkan guru
Pendidikan Agama Islam ini telah memenuhi syarat menjadi guru yang
profesional yaitu telah memenuhi syarat Standar Kualifikasi, Kompetensi
dan Standar Belajar Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan penguasaan
Mata Pelajaran yang ampu, kemudian dari sekolah sendiri mengadakan
perbaikan secara terus menerus dalam meningkatkan Kompetensi Guru. Dan
dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, siswa merasakan dalam cara
mengajar guru Pemdidikan Agama Islam cukup menyenangkan dan dapat
dipahami oleh siswa. Faktor pendukung guru PAI sendiri, dari latar belakang
pendidikannya mulai dari jenjang Sekolah SD, SMP, SMA dan S1 di daerah
Pandeglang Banten dan telah memenuhi Standar Kualifikasi Guru kemudian
dalam faktor penghambatnya adalah ada sebagian siswa yang belum pandai
membaca ayat-ayat Al-Qur`an dan tulisan Arab lainnya.