Abstract:
Menghafal Al-Qur‟an bukanlah tugas dan perkara yang mudah, artinya tidak
semudah membalikan telapak tangan. Upaya terpenting dalam menghafal Al-
Qur‟an adalah metode. Sebab metode memiliki peranan penting dan sangat
dibutuhkan, dengan adanya metode akan bisa memudahkan seseorang dalam
menghafal Al-Qur‟an dan meningkatkan hafalannya secara terprogram. Salah
satu metode tersebut adalah metode Ummi. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui Efektifitas Metode Ummi Terhadap Kelancaran Menghafal Al-
Qur‟an.
Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan lapangan (field research). Adapun langkah-langkah yang
ditempuh dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi,
wawancara mendalam dan mengumpulkan dokumentasi yang berkaitan
dengan objek penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan ketika sekolah SDIT abata memakai
metode ummi dalam menghafal Al-Qur‟an siswa dapat dengan mudah
menghafal dengan metode tersebut. Hal ini dikarenakan metode ummi ketika
digunakan siswa menghafal Al-Qur‟an apalagi metode ummi ini sangat
cocok untuk anak-anak di sekolah tersebut mentargetkan siswa/siswi
menyelesaikan hafalan selama 6 tahun sebanyak 4 juz. Dan sudah
menyelesaikan hafalan sekolah SDIT Abata mengadakan imtihan di mana
siswa diuji lansung oleh Ummi Foundation surabaya. Hal ini menunjukan
bahwa efektifitas menghafal Al-Qur‟an menggunakan metode Ummi siswa
menjadi lancar menghafal Al-Qur‟an.