dc.description.abstract |
Dalam dunia pendidikan teori merupakan satu hal yang penting
dalam pembelajaran, akan tetapi banyak pula anak-anak yang hanya pandai
dalam teori namun sulit menerapkan apa yang dipelajari tersebut. Dalam
konteks pemikiran tersebut Sekolah Dasar Islam Al-Hidayah membentuk
pembelajaran dua arah yaitu teori dan praktek dengan membentuk program
outing class learning agar dapat membantu proses pembelajaran dalam
mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga siswa tidak hanya mampu
menguasai materi akan tetapi siswa juga dapat memiliki kemampuan yang
terampil. Dengan demikian tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui
penerapan outing class learning dalam peningkatan kreativitas belajar siswa
di SD Islam al-hidayah, pamulang. Pada penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif. Penelitian ini secara spesifik lebih diarahkan pada
desain penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif yaitu studi kasus. Dalam rangka memperoleh
pengumpulan data penelitian, penulis menggunakan beberapa teknik
pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) sumber data primer yaitu
wawancara yang dilakukan oleh penulis kepada kepala sekolah, koordinator
KBM, walikelas I dan siswa-siswi kelas I SD Islam Al-Hidayah. (2) sumber
data sekunder seperti dokumen-dokumen serta data-data yang diperoleh
melalui observasi penulis, baik berupa foto-foto dan lainnya. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa: (1) program outing class learning dapat
menanamkan nila-nilai kemandirian kepada siswa-siswi kelas I SD Islam Al-
Hidayah (2) Siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi (3) Bebas dalam
mengambil keputusan (4) Senang mencari pengalaman baru (5) Memiliki
kemampuan dalam memecahkan masalah (6) Menjadikan pembelajaran
menjadi lebih efektif serta dapat membentuk siswa yang kreatif, beraklak
mulia, taat pada agama, berprestasi dan berwawasan global. |
en_US |