DSpace Repository

Program Outing Class Learning Terhadap Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Kelas I Di SD Islam Al-Hidayah, Pamulang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Rini Anggraeni, 15311523
dc.date.accessioned 2020-07-27T04:09:39Z
dc.date.available 2020-07-27T04:09:39Z
dc.date.issued 2019-08-13
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/940
dc.description.abstract Dalam dunia pendidikan teori merupakan satu hal yang penting dalam pembelajaran, akan tetapi banyak pula anak-anak yang hanya pandai dalam teori namun sulit menerapkan apa yang dipelajari tersebut. Dalam konteks pemikiran tersebut Sekolah Dasar Islam Al-Hidayah membentuk pembelajaran dua arah yaitu teori dan praktek dengan membentuk program outing class learning agar dapat membantu proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga siswa tidak hanya mampu menguasai materi akan tetapi siswa juga dapat memiliki kemampuan yang terampil. Dengan demikian tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui penerapan outing class learning dalam peningkatan kreativitas belajar siswa di SD Islam al-hidayah, pamulang. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini secara spesifik lebih diarahkan pada desain penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu studi kasus. Dalam rangka memperoleh pengumpulan data penelitian, penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) sumber data primer yaitu wawancara yang dilakukan oleh penulis kepada kepala sekolah, koordinator KBM, walikelas I dan siswa-siswi kelas I SD Islam Al-Hidayah. (2) sumber data sekunder seperti dokumen-dokumen serta data-data yang diperoleh melalui observasi penulis, baik berupa foto-foto dan lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) program outing class learning dapat menanamkan nila-nilai kemandirian kepada siswa-siswi kelas I SD Islam Al- Hidayah (2) Siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi (3) Bebas dalam mengambil keputusan (4) Senang mencari pengalaman baru (5) Memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah (6) Menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif serta dapat membentuk siswa yang kreatif, beraklak mulia, taat pada agama, berprestasi dan berwawasan global. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Outing Class Learning en_US
dc.subject Kreativitas Belajar en_US
dc.title Program Outing Class Learning Terhadap Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Kelas I Di SD Islam Al-Hidayah, Pamulang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account