Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa padamata pelajaran
pendidikan agama Islam di SMP Negeri Tangerang Selatan. Penelitian ini
dilakukan selama 3 bulan terhitung sejak bulan Mei sampai Agustus 2019.
Metode Penelitian yang digunakan adalah metode korelasi Product
Moment. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas VII yang berjumlah 82
orang
Data variabel X (Kemandirian Belajar), dijaring dengan menggunakan
instrumen skala kemandirian berbentuk angket, sedangkan untuk variabel Y
(HasilBelajar) menggunakan nilai raport siswa semester 2 tahun ajaran
2018/2019. Dari perhitungan hasil angka korelasi antara variabel X dan
variabel Y tidak bertanda negatif. Berarti di antara variabel tersebut terdapat
korelasi yang positif dengan besarnya rxy 0,410, antara variabel X dan
variabel Y yang sedang karena berada di antara 0,40-0,59%. DF=82,
diperoleh “r” tabel (rt) pada signifikasi 5% sebesar 0,217, sedangkan untuk
taraf signifikasi 1% sebesar 0,283. Demikian, dapat disimpulkan rxy lebih
besar dari pada ≥ rt. Maka hipotesis Ha diterima kebenarannya dan
pengaruhnya sedang. Hal tersebut dapat diperoleh bahwa semakin
meningkatnya Kemandirian Belajar maka akan meningkat pula Hasil Belajar
Siwa