dc.contributor.advisor |
Syarif Hidayatullah |
|
dc.contributor.author |
Fajrotul Munawaroh, 15311537 |
|
dc.date.accessioned |
2020-07-27T04:57:44Z |
|
dc.date.available |
2020-07-27T04:57:44Z |
|
dc.date.issued |
2019-08-16 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/945 |
|
dc.description.abstract |
Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas beragama
Islam dan merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, namun
kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa jumlah umat Islam di Indonesia
yang hâfizh Al-Qur`an tidak sebanding jika dibandingkan jumlah komunitas
muslim di dalamnya. Salah satu faktor penyebab ketertinggalan Indonesia
dari negara-negara berpenduduk mayoritas muslim lainnya dalam bidang
tahfîzh Al-Qur`an, adalah tingkat buta huruf Al-Qur`an yang sangat tingggi
di Indonesia. Kemampuan membaca Al-Qur`an adalah modal dasar dalam
tahfîzh Al-Qur`an. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi
kemampuan membaca Al-Qur`an adalah kecerdasan atau intelegensi, di mana
setiap individu memiliki intelegensi yang cenderung berbeda satu dengan
lainnya. Oleh karena itu, sudah seyogyanya pendidik memfasilitasi
perbedaan-perbedaan individu (peserta didik) tersebut dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan diferensiasi
intelegensi individu dalam program tahfîzh 5 juz Al-Qur`an di MI Mumtaza
Islamic School Pondok Cabe Udik, serta untuk mengetahui faktor pendukung
dan penghambat penerapan diferensiasi intelegensi individu dalam program
tahfîzh 5 juz Al-Qur`an di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Udik.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini memfokuskan untuk
meneliti penerapan diferensiasi intelegensi individu dalam program tahfîzh 5
juz Al-Qur`an di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Udik.
Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa MI Mumtaza Islamic
School Pondok Cabe Udik telah melaksanakan penerapan diferensiasi
intelegensi individu dalam program tahfîzh 5 juz Al-Qur`an, sebagai upaya
dalam menghadapi kendala-kendala terkait tahfîzh Al-Qur`an. Penerapan
diferensiasi intelegensi individu dalam program tahfîzh 5 juz Al-Qur`an
dinilai cukup baik, hal ini dilihat dari hasil pencapaian peserta didik dan
perilaku peserta didik. |
en_US |
dc.language.iso |
id |
en_US |
dc.publisher |
Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
en_US |
dc.subject |
Diferensiasi Intelegensi Individu |
en_US |
dc.subject |
Program Tahfîzh |
en_US |
dc.title |
Penerapan Diferensiasi Intelegensi Individu dalam Program Tahfîzh 5 Juz Al-Qur`an (Studi Kasus di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Udik) |
en_US |
dc.type |
Skripsi |
en_US |