DSpace Repository

Penerapan Diferensiasi Intelegensi Individu dalam Program Tahfîzh 5 Juz Al-Qur`an (Studi Kasus di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Udik)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syarif Hidayatullah
dc.contributor.author Fajrotul Munawaroh, 15311537
dc.date.accessioned 2020-07-27T04:57:44Z
dc.date.available 2020-07-27T04:57:44Z
dc.date.issued 2019-08-16
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/945
dc.description.abstract Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam dan merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa jumlah umat Islam di Indonesia yang hâfizh Al-Qur`an tidak sebanding jika dibandingkan jumlah komunitas muslim di dalamnya. Salah satu faktor penyebab ketertinggalan Indonesia dari negara-negara berpenduduk mayoritas muslim lainnya dalam bidang tahfîzh Al-Qur`an, adalah tingkat buta huruf Al-Qur`an yang sangat tingggi di Indonesia. Kemampuan membaca Al-Qur`an adalah modal dasar dalam tahfîzh Al-Qur`an. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur`an adalah kecerdasan atau intelegensi, di mana setiap individu memiliki intelegensi yang cenderung berbeda satu dengan lainnya. Oleh karena itu, sudah seyogyanya pendidik memfasilitasi perbedaan-perbedaan individu (peserta didik) tersebut dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan diferensiasi intelegensi individu dalam program tahfîzh 5 juz Al-Qur`an di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Udik, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan diferensiasi intelegensi individu dalam program tahfîzh 5 juz Al-Qur`an di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Udik. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini memfokuskan untuk meneliti penerapan diferensiasi intelegensi individu dalam program tahfîzh 5 juz Al-Qur`an di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Udik. Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Udik telah melaksanakan penerapan diferensiasi intelegensi individu dalam program tahfîzh 5 juz Al-Qur`an, sebagai upaya dalam menghadapi kendala-kendala terkait tahfîzh Al-Qur`an. Penerapan diferensiasi intelegensi individu dalam program tahfîzh 5 juz Al-Qur`an dinilai cukup baik, hal ini dilihat dari hasil pencapaian peserta didik dan perilaku peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Diferensiasi Intelegensi Individu en_US
dc.subject Program Tahfîzh en_US
dc.title Penerapan Diferensiasi Intelegensi Individu dalam Program Tahfîzh 5 Juz Al-Qur`an (Studi Kasus di MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe Udik) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account