Abstract:
Salah satu faktor yang berpengaruh dalam membantu anak-anak usia
dini agar dapat membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar adalah
dengan memperhatikan metode yang digunakan. Untuk memudahkan
proses belajar mengajar membaca Al-Qur`an dibutuhkan sebuah
metode, gunanya yaitu agar pembelajaran yang dilaksanakan efektif
sehingga tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran Al-Qur`an dapat
tercapai. Dalam perjalanannya ternyata pembelajaran Al-Qur`an
menghadapi problem yang tidak sedikit dan sederhana seperti input
siswa beragam, jumlah jam pelajaran yang terbatas, guru, sarana dan
pembelajaran Al-Qur`an terbatas.
Dalam hal ini metode qira`ati dianggap mudah dan tepat untuk
digunakan dalam pembelajaran Al-Qur`an karena dalam metode ini
terdapat beberapa prinsip yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran
Al-Qur`an yang memudahkan peserta didik untuk mampu membaca
Al-Qur`an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam jenis penelitian
analisis deskriptif atau penelitian yang ditunjang dengan data yang
diperoleh dari penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa metode qira`ati sangat efektiv
dalam pembelajaran Al-Qur`an karena guru mampu melaksanakan
kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum secara baik dari awal
kegiatan pembelajaran dilaksanakan sampai akhir dan setelah
diterapkannya metode qira`ati kemampuan membaca Al-Qur`an peserta
didik meningkat serta peserta didik mampu membaca Al-Qur`an
dengan baik dan benar (Tartil) sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.