dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang
penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning pada Mata Pelajaran
Akidah Akhlak di MIN 1 Kota Tangerang Selatan. Model pembelajaran
tersebut digunakan untuk membangkitkan semangat belajar siswa dalam
proses pembelajaran.
Penelitian ini melibatkan siswa kelas tiga, empat, dan lima di MIN 1
Kota Tangerang Selatan. penelitian ini menggunakan jenis penelitian
lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan tentang
fenomena-fenomena yang ada. Teknik pengumpulan data yang akan
digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu menunjukkan bahwa
Pelaksanaan model pembelajaran cooperative learning pada mata pelajaran
akidah akhlak di MIN 1 Kota Tangerang Selatan ini sudah sesuai dengan
tujuan yang diharapkan. Guru mampu menciptakan suasana belajar yang
kondusif, dan memungkinkan siswa untuk berani mengemukakan pendapat,
dan memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi. Tujuan diterapkannya model
pembelajaran cooperative learning ini salah satunya adalah untuk
meningkatkan keaktifan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dan
meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat beberapa kendala yang terjadi
ketika penerapan model pembelajaran cooperative learning ini, diantarnya
adalah kurangnya waktu, kondisi peserta didik yang biasa disebut dengan
free rider, dan pada pengelolaan kelas ketika pembagian kelompok. |
en_US |