Abstract:
Pendidikan pada hakekatnya merupakan usaha sadar untuk
mengembangkan kepribadian yang ada di dalam diri seseorang untuk
menjadi lebih baik, cerdas, kreatif dan inovatif.
Kompetensi spiritual adalah karakter dan sikap yang merupakan
bagian kesadaran yang paling dalam pada seseorang yang berhubungan
dengan yang tidak hanya mengakui kesadaran nilai tetap juga kreatif
untuk menemukan nilai-nilai baru.
Disiplin merupakan proses melatih pikiran dan karakter anak secara
bertahap sehingga menjadi seseorang yang memiliki kontrol diri dan
berguna bagi masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Adakah Pengaruh
Kompetensi Spiritual dengan Disiplin Siswa di Lingkungan Sekolah
MTs Darul Qudwah Tegal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi, yang menjelaskan
tentang ada tidaknya pengaruh antara variabel X sebagai variabel
independent atau bebas (Kompetensi Spiritual) dengan Variabel Y
sebagai variabel dependent atau terikat (Kedisiplinan).
Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian siswa MTs Darul
Qudwah Tegal, yang berjumlah 63 siswa. Dalam penelitian ini teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive
sampling, yaitu pengambilan data sampel.
Berdasarkan penelitian ini diperoleh variabel kompetensi spiritual
(X) yang mempengaruhi variabel kedisiplinan (Y) dimana terdapat
pengaruh yang positif artinya semakin tinggi variabel X dan semakin
tinggi juga variabel Y nya.