dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang
penggunaan metode Tilawati dalam pembelajaran Al-Qur‟an Pada Sekolah
Dasar Islam Al-Hidayah Pamulang. Metode pembelajaran tersebut salah
satunya untuk mengetahui kelancaran membaca siswa dalam hal membaca
Al-Qur‟an.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif analisis
dengan latar penelitian di Sekolah Dasar Islam Al-Hidayah Pamulang,
subyek penelitiannya adalah siswa kelas 3. Peneliti melakukan observasi
terhadap aktivitas guru meliputi pelaksanaan kegiatan pembuka, pelaksanaan
kegiatan inti, dan pelaksanaan kegiatan penutup. Selain observasi aktivitas
guru, peneliti juga mengamati aktivitas siswa dalam pembelajaran meliputi
kelancaran membaca Al-Qur‟an siswa, kemampuan membaca sesuai dengan
tajwid, dan kemampuan siswa dalam melafalkan huruf sesuai dengan
makhrajnya.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di SDI Al-
Hidayah Pamulang bahwasannya, proses pembelajaran Al-Qur‟an dengan
menggunakan metode Tilawati ini berjalan dengan baik karena guru sangat
berperan penting terhadap metode sehingga hasil yang dicapai siswa sangat
berpengaruh dengan kompetensi guru dalam penyampaian metode. |
en_US |