Abstract:
Guru merupakan tenaga pendidik dalam menentukan proses kegiatan
belajar, oleh karena itu guru perlu menggunakan strategi-strategi, metodemetode
pembelajaran yang membuat peserta didik termotivasi untuk aktif
dalam belajar sehingga proses kegiatan belajar berjalan dengan baik, efektif
dan menyenangkan. Latar belakang masalah dari Penelitian ini adalah pada
saat proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist
sangat aktif dan antusias baik dari gurunya maupun dari peserta didiknya.
Pada proses kegiatan pembelajaran Al-Qur’an hadist ini guru Qurdistnya
selalu memberikan games berupa soal-soal pertanyaan dan untuk peserta
didik yang bisa menjawab akan diberikan reward berupa tempat duduk, dan
ini membuat peserta didik aktif fokus pada pembelajaran. Penelitian ini
dilakukan di MIN 2 Tangerang Selatan termasuk deskriptif kualitatif. Dari
hasil pembahasan dan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)
Sebelum proses kegiatan belajar mengajar dalam menciptakan suasana
belajar yang kondusif dan aktif guru Qurdistnya menggunakan strategi
dengan cara memberikan games berupa soal-soal pertanyaan dan untuk
rewardnya mendapatkan tempat duduk kepada peserta didik yang bisa
menjawab soal-soal terkait dengan materi-materi yang sudah diajarkan
(apersepsi) oleh gurunya. Kemudian mencairkan suasana dengan
menanyakan kabar, ice breaking. (2) Setiap proses pembelajaran berlangsung
guru Al-Qur’an hadist menggunakan strategi mengajar yang menarik dan
lebih kepada active learning, guru menggunakan beberapa metode yang
termasuk metode cooperative learning diantaranya (kerja kelompok, Tanya
jawab, diskusi, card cort, number head together, make a match, Talking stick
dan lain-lain. (3) Menanyakan hal yang sederhana, memberikan pujian,
memotivasi peserta didik dengan menjelaskan keutamaan belajar Al-Qur’an
dan pentingnya mempelajari Al-Qur’an, dan akibatnya apabila sebagai umat
muslim tidak mempelajari Al-Qur’an dan membiasakan pada saat peserta
didik itu berpendapat, memberikan apresiasi dengan berkata good juga dikuti
oleh teman-teman nya.