Abstract:
Pembinaan akhlak yang menjadi sebuah kegiatan rutin bagi siswa MI
Baitul Qur‟an Kendari menjadikan nilai-nilai akhlak anak lebih melekat
dalam diri mereka yang dibantu melalui animasi Nussa. Dalam hal penguatan
nilai-nilai akhlakul karimah yang dilakukan sebagian pendidik MI Baitul
Qur‟an Kendari yaitu dengan memberikan sebuah pembelajaran yang berupa
animasi Nussa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
apa saja nilai-nilai akhlakul karimah yang terkandung dalam animasi Nussa;
dan mengetahui bagaimana penguatan nilai-nilai akhlakul karimah melalui
animasi Nussa pada siswa kelas III MI Baitul Qur‟an Kendari.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggambarkan
penguatan nilai-nilai akhlakul karimah melalui animasi Nussa pada siswa
kelas III MI Baitul Qur‟an Kendari yakni dengan menggunakan sumber data
yang meliputi primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan cara
mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai-nilai akhlak yang
terkandung dalam animasi Nussa antara lain akhlak terhadap Allah Swt.
yaitu dzikrullah, akhlak kepada masyarakat yaitu sifat ukhuwah dan tolong
menolong, akhlak kepada kepada diri sendiri yaitu, sifat ikhlas, dan akhlak
kepada kepada keluarga yaitu birrul walidain; 2) Dalam penguatan nilai-nilai
akhlakul karimah pada siswa kelas III MI Baitul Qur‟an Kendari dapat
diterapkan melalui animasi Nussa. Penguatan tersebut dilakukan dengan
menayangkan animasi Nussa yang kemudian isi dari animasi tersebut
khususnya nilai-nilai akhlak dijelaskan dan disampakan kepada siswa
melalui proses belajar mengajar, dan kebiasaan.