Abstract:
Implementasi Pembelajaran tahsin Al-Qur`an laboratorium audio merupakan
sebuah pembelajaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi berupa
media pembelajaran audio yang dilakukan di dalam laboratorium audio
dengan media audio berupa headset. Adanya laboratorium audio menjadikan
pembelajaran bervariatif, karena dengan media peserta didik dapat
melakukan pembelajaran yang tidak berfokus hanya pada guru. Hal ini dapat
membantu guru dalam menunjang hasil kualiatas hafalan peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, lokasi penelitian dilaksanakan
di SMP Islam Plus Tahfidz Ibnu Umar yang terletak di Jl. Legoso Raya No.
30, Pisangan, Ciputat Timur, Tanggerang Selatan. Subyek dalam penelitian
ini adalah Kepala Sekolah, Guru Tahsin dan Tahfidz, dan Peserta Didik.
Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode
observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan oleh Miles dan Hiberman.
Hasil penelitian dari implementasi pembelajaran tahsin Al-Qur`an dalam
meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur`an terbilang baik karena dengan
metode pengulangan bacaan dari audio menjadikan peserta didik terbiasa dan
secara natural mengikuti bacaan tilawah yang sudah didengar, ditambah
pelaksanaan dilakukan di dalam laboratorium audio, peserta didik dapat lebih
fokus dengan murattal yang sedang didengarkan sehingga tidak terganggu
dengan sekitarnya.