Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Sistem Pembelajaran
Murokkaz Tahfizh Al-Qur‟an 30 Juz Selama Tiga Tahun dengan
karantina yang dapat membantu santri mempercepat target hafalannya
selama tiga tahun di SMA Qur‟an Al Ihsan Boarding School.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat
penelitian ini di SMA Qur‟an Al-Ihsan Boarding School. Waktu
penelitian pada tanggal 14 Desember 2018 sampai dengan 27 Juli 2019.
Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Koordinator
Tahfizh dan Santri. Metode pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, wawancara dan dokumentasi. keabsahan data dengan
menggabungkan sumber dan metode, dianalisis dengan interaktif meliputi
pengumpulan data, merangkum data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sistem Pembelajaran
Murokkaz Tahfizh Al-Qur‟an dapat membantu santri dalam mempercepat
target hafalanya 2) Guru tahfizh menjadi faktor pendukung dalam
mencapai target hafalan 3) Evaluasi menggunakan kegiatan Murokkaz
tahfizh Al-Qur‟an dapat terukur