dc.description.abstract |
Setiap orang memiliki kecerdasan masing-masing dan setiap orang
harus mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya. Seperti kecerdasan
interpersonal. Bergaul dan berinteraksi dengan sesama manusia sangat
dianjurkan karena untuk mempererat tali silaturahim dengan sesama makhluk
Allah SWT. Untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal, sekolah
sangat berperan karena dengan adanya program-program atau kegiatankegiatan
yang ada di sekolah dapat membantu siswa dalam mengembangkan
kecerdasan interpersonalnya dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam
mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa di SD Dua Mei Ciput dan
untuk mengetahu apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam
pengembangan kecerdasan interpersonal siswa. Jenis pendekatan yang
digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan melakukan pengamatan terhadap
orang dalam kehidupannya sehari-hari. Jenis penelitian deskriptif yaitu
mengumpulkan informasi berdasarkan fenomena yang ada, untuk
memperoleh keuntungan dari pengalaman mereka untuk membuat rencana
dan keputusan dimasa yang akan datang dalam situasi ilmiah. Adapun teknik
pengumpula data yang digunakan pada penelitian ini melalui tiga cara yaitu:
1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Sedangkan untuk teknik
analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data,
penyajian data, verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan kecerdasan
interpersonal siswa di SD Dua Mei yang dilakukan oleh kepala sekolah dan
para guru sudah baik dengan adanya pembiasaan keagamaan terhadap
keseharian siswa. 2) Menumbuhkan rasa empati dan jiwa sosial yang tinggi,
3) Faktor pendukung agar tidak terhambatnya pengembangan kecerdasan
interpersonal pada siswa yaitu adanya peran sekolah dan lingkungan
keluarga. |
en_US |