DSpace Repository

Peran Sekolah Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa (Studi Analisis Siswa Kelas V SD Dua Mei Ciputat)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fajar Syarif
dc.contributor.author Azizah Nuraini, 15311573
dc.date.accessioned 2020-08-03T04:24:34Z
dc.date.available 2020-08-03T04:24:34Z
dc.date.issued 2019-09-05
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/966
dc.description.abstract Setiap orang memiliki kecerdasan masing-masing dan setiap orang harus mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya. Seperti kecerdasan interpersonal. Bergaul dan berinteraksi dengan sesama manusia sangat dianjurkan karena untuk mempererat tali silaturahim dengan sesama makhluk Allah SWT. Untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal, sekolah sangat berperan karena dengan adanya program-program atau kegiatankegiatan yang ada di sekolah dapat membantu siswa dalam mengembangkan kecerdasan interpersonalnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa di SD Dua Mei Ciput dan untuk mengetahu apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kecerdasan interpersonal siswa. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan melakukan pengamatan terhadap orang dalam kehidupannya sehari-hari. Jenis penelitian deskriptif yaitu mengumpulkan informasi berdasarkan fenomena yang ada, untuk memperoleh keuntungan dari pengalaman mereka untuk membuat rencana dan keputusan dimasa yang akan datang dalam situasi ilmiah. Adapun teknik pengumpula data yang digunakan pada penelitian ini melalui tiga cara yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan kecerdasan interpersonal siswa di SD Dua Mei yang dilakukan oleh kepala sekolah dan para guru sudah baik dengan adanya pembiasaan keagamaan terhadap keseharian siswa. 2) Menumbuhkan rasa empati dan jiwa sosial yang tinggi, 3) Faktor pendukung agar tidak terhambatnya pengembangan kecerdasan interpersonal pada siswa yaitu adanya peran sekolah dan lingkungan keluarga. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran Sekolah en_US
dc.subject Kecerdasan Interpersonal en_US
dc.title Peran Sekolah Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa (Studi Analisis Siswa Kelas V SD Dua Mei Ciputat) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account