Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya pola pengelolaan kelas berbasis gender dalam meningkatkan prestasi hafalan Al-Qur‟an. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Ar-Rahmah Bogor, dan yang menjadi fokus objek penelitian ini adalah kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus (Case studies) yaitu penelitian yang menitik beratkan pada suatu kasus atau persoalan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi dan dokumnetasi. Tahapan analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pola pengelolaan kelas berbasis gender di SMP IT Ar-Rahmah Bogor dilaksanakan pada seluruh aktivitas peserta didik di sekolah. Baik dalam kegaiatan belajar mengajar maupun di luar kegiatan belajar mengajar, seperti kepengurusan dan kegiatan organisasi siswa sekolah (OSIS) peserta didik laki-laki dan perempuan dilaksanakan secara terpisah. Upaya pola pengelolaan kelas berbasis gender di SMP IT Ar-Rahmah Bogor terbukti dapat meningkatkan prestasi hafalan Al-Qur‟an peserta didik. Prestasi tersebut berupa mayoritas peserta didik kelas VIII dapat mencapai target hafalan Al-Qur‟an dengan nilai yang baik, bahkan ada beberapa peserta didik kelas VIII yang mencapai jumlah hafalan Al-Qur‟an lebih dari target yang telah ditentukan sekolah.