dc.description.abstract |
Budi Pekerti Islam adalah mata pelajaran yang lebih
menekankan kepada Akhlak. Tujuannya adalah untuk
pembentukan karakter islami peserta didik. Dengan adanya mata
pelajaran budi pekerti islam ini siswa diharapkan dapat
mengimplementasikan ilmu agamanya dengan baik, sehingga
mereka dapat membatasi diri dari hal-hal negatif yang sangat
mengancam diri mereka dan kehidupan mereka.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang
digunakan yaitu kelas VIII di SMP Al-Hasra Bojongsari Depok
sebanyak 50 orang. Instrumen penelitian yang digunakan pada
penelitian ini menggunakan kuesioner dengan model Skala
Likert. Untuk pengujian data, penulis menggunakan uji product
momen. Sedangkan dalam mengolah data, penulis menggunakan
alat bantu statistik yaitu SPSS versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman mata
pelajaran Budi Pekerti Islam (BPI) dikategorikan Baik, dengan
hasil rata-ratanya mencapai 27,36. Sikap Spiritual dan Sosial
siswa dikategorikan Baik, dengan hasil rata-ratanya mencapai
90,50. Hasil perhitungan nilai rxy = 0,723, kemudian pada tabel
“r” product moment dengan db 50 diperoleh nilai pada taraf 5% =
0,273 dan taraf 1% = 0,354 dengan demikian nilai rxy lebih
tinggi dibandingkan dengan nilai taraf 5% dan 1%. Maka Ha
diterima dan Ho ditolak, yaitu ada korelasi antara Pemahaman
Mata Pelajaran Budi Pekerti Islam (BPI) Terhadap Sikap
Spiritual dan Sosial Siswa |
en_US |