dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui strategi tahfizh Al-Qur‟an di SD
Azhari Islamic School Rasuna 2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung
dan penghambat di SD Azhari Islamic School Rasuna 3) Untuk mengetahui
apa saja pencapaian target hafalan siswa SD Azhari Islamic School Rasuna.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di SD Azhari Islamic School Rasuna berada di Jl. KH. Ilyas
No. 39 Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Waktu penelitian ini
dilakukan pada bulan Februari sampai bulan Juli 2019. Subyek penelitian
Kepala Sekolah, Guru Koordinator Tahfizh beserta peserta didik SD Azhari
Islamic School. Dengan menggunakan teknik puposive sampling. Metode
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi Tahfizh Al-Qur‟an
yang dilakukan SD Azhari Islamic School Rasuna adalah: a) satu hari
setoran minimal 4-5 ayat, setengah halaman, atau sehalaman yang akan
disetorkan pada guru tahfizh, b) membuat target yang jelas, c) menghafal
dari bagian juz belakang ke depan, d) mengulang hafalan sebelum masuk
KBM, setelah shalat dzuhur, dan sebelum pulang sekolah, e) menambah
hafalan ketika waktu KBM pada pagi hari, f) setiap kelasnya akan di bagi 2
kelompok dan hafalan tersebut disetorkan pada guru tahfizh, g) untuk guru
tahfizh dalam mengajar memiliki standar kemampuan menghafal minimal 18
juz dan lebih diutamakan yang menghafal 30 juz Al-Qur‟an, h) untuk siswa
yang kurang mampu dalam menghafal diberikan waktu kesempatan dalam
menghafal di luar jam sekolah. Pencapaian target hafalan siswa yakni dengan
berbeda-beda setiap kenaikan kelasnya, jika kelas 1 SD menghafal 1 juz
yaitu juz 30,. Kelas 2 SD menghafal 2 juz yaitu juz 29-28. Kelas 3 SD
menghafal 3 juz yaitu juz 27, 26, 25. Kelas 4 SD menghafal 4 juz yaitu juz
24, 23, 22, 21. Kelas 5 SD menghafal 4 juz yaitu juz 20, 19, 18, 17. Kelas 6
SD menghafal 4 juz yaitu juz 16, 15, 14, 13. |
en_US |