DSpace Repository

strategi rahfizh Al-Qur'an dalam pencapaian Target Hafalan siswa studi Kasus Kelas v sD Azhari Islamic school Rasuna

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Nur Maulida, 15311591
dc.date.accessioned 2020-08-05T04:45:44Z
dc.date.available 2020-08-05T04:45:44Z
dc.date.issued 2019-09-11
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/980
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui strategi tahfizh Al-Qur‟an di SD Azhari Islamic School Rasuna 2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat di SD Azhari Islamic School Rasuna 3) Untuk mengetahui apa saja pencapaian target hafalan siswa SD Azhari Islamic School Rasuna. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Azhari Islamic School Rasuna berada di Jl. KH. Ilyas No. 39 Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai bulan Juli 2019. Subyek penelitian Kepala Sekolah, Guru Koordinator Tahfizh beserta peserta didik SD Azhari Islamic School. Dengan menggunakan teknik puposive sampling. Metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi Tahfizh Al-Qur‟an yang dilakukan SD Azhari Islamic School Rasuna adalah: a) satu hari setoran minimal 4-5 ayat, setengah halaman, atau sehalaman yang akan disetorkan pada guru tahfizh, b) membuat target yang jelas, c) menghafal dari bagian juz belakang ke depan, d) mengulang hafalan sebelum masuk KBM, setelah shalat dzuhur, dan sebelum pulang sekolah, e) menambah hafalan ketika waktu KBM pada pagi hari, f) setiap kelasnya akan di bagi 2 kelompok dan hafalan tersebut disetorkan pada guru tahfizh, g) untuk guru tahfizh dalam mengajar memiliki standar kemampuan menghafal minimal 18 juz dan lebih diutamakan yang menghafal 30 juz Al-Qur‟an, h) untuk siswa yang kurang mampu dalam menghafal diberikan waktu kesempatan dalam menghafal di luar jam sekolah. Pencapaian target hafalan siswa yakni dengan berbeda-beda setiap kenaikan kelasnya, jika kelas 1 SD menghafal 1 juz yaitu juz 30,. Kelas 2 SD menghafal 2 juz yaitu juz 29-28. Kelas 3 SD menghafal 3 juz yaitu juz 27, 26, 25. Kelas 4 SD menghafal 4 juz yaitu juz 24, 23, 22, 21. Kelas 5 SD menghafal 4 juz yaitu juz 20, 19, 18, 17. Kelas 6 SD menghafal 4 juz yaitu juz 16, 15, 14, 13. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Strategi Tahfizh Al- Qur’an en_US
dc.subject Pencapaian Hafalan en_US
dc.title strategi rahfizh Al-Qur'an dalam pencapaian Target Hafalan siswa studi Kasus Kelas v sD Azhari Islamic school Rasuna en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account