Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahwasanya strategi
academic self management membantu siswa dalam belajar untuk
menyelesaikan study selama 2 tahun dengan sistem kredit semester (SKS).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan case study. Tempat penelitian di sekolah SMA International
Islamic High School Republic of Indonesia (IIHS RI). Sumber data utama
adalah bagian akademik sekolah dan empat siswa-siswi kelas XI SMA
International Islamic High School Republic of Indonesia (IIHS RI)), kemudian
sebagai bagian dari uji triangulasi dalam penelitian ini, data juga diambil dari
para muaddib dan muaddibah asrama. Adapun sumber sekunder adalah buku,
jurnal, dan skripsi. Dan sumber dokumenter berupa buku panduan SKS dan
panduan pengembangan kurikulum sekolah, hasil-hasil observasi yang berupa
catatan lapangan selama observasi, dan dokumentasi berupa foto dan audio.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik
pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara, dokumentasi dan
triangulasi data. Dan teknik analisis data menggunakan analisis data secara
induktif model Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa upaya peserta didik untuk
mencapai keberhasilan dalam strategi academic self managemet dalam
program sistem kredit semester (SKS) terbagi menjadi lima aspek, yakni:
motivasi diri dilakukan dengan self talk, pemilihan metode belajar sesuai
dengan gaya belajar, penggunaan waktu berdasarkan skala prioritas, deadline,
dan kerumitan tugas. Kemudian lingkungan fisik dan sosial yang dapat
menumbuhkan sikap responsible terhadap diri antar peserta didik, serta peserta
didik mengevaluasi diri untuk mengetahui kesesuaian tujuan pembelajaran.
Adapun mekanisme pelaksanaan SKS di SMA IIHS sesuai dengan Panduan
Pelaksanaan Sistem Kredit Semester yang dipublikasikan oleh pemerintah.
Walaupun terkadang secara teknis dalam pelaksanaannya berbeda.