dc.description.abstract |
Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab
pertanyaan dari rumusan masalah yaitu bagaimana peran guru Pendidikan
Agama Islam terhadap perkembangan mental Anak Autis di SLB Nurasih
Ciputat Kota Tangerang Selatan. Data penelitian dalam skripsi ini terdiri dari
observasi pembelajaran guru dan siswa berkebutuhan khusus Autis,
wawancara secara langsung dengan kepala sekolah dan guru pendidikan
agama islam. Dalam penelitian ini didukung dengan dokumentatif secara
literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis
angkat. Selanjutnya, peneliti menganalisis dengan menggunakan metode
analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SLB Nurasih berbeda dengan sekolah SLB
(Sekolah Luar Biasa) pada umumnya, yakni pembelajaran Pendidikan
Agama Islam bagi peserta didik Autis dilaksanakan secara bersamaan
dengan peserta yang memiliki ketunaan yang lain. Kurikulum yang
diterapkan di SLB (Sekolah Luar Biasa) Nurasih Ciputat adalah kurikulum
2013. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam
tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan agar peserta
didik mampu menjadi terampil, cerdas, berkarakter, sesuai minat, bakat,
prestasi dan potensi yang dimiliki untuk menuju hidup mandiri, berdasarkan
iman dan taqwa. Metode pembelajaran pendidikan agama islam yang
diterapkan di SLB Nurasih Ciputat adalah metode Ceramah, drill, tanya
jawab, demonstrasi dan keteladanan. Dari metode ini semuanya diterapkan
dalam pelaksanaan Pedidikan Agama Islam dan disesuaikan dengan masingmasing
siswa dengan kebutuhan khusus yang dimilikinya. |
en_US |