DSpace Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Mental Anak Autis” di SLB Nurasih Ciputat kota Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.author Fatihatur Rahmah, 15311614
dc.date.accessioned 2020-08-05T06:01:26Z
dc.date.available 2020-08-05T06:01:26Z
dc.date.issued 2019-08-02
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/997
dc.description.abstract Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yaitu bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam terhadap perkembangan mental Anak Autis di SLB Nurasih Ciputat Kota Tangerang Selatan. Data penelitian dalam skripsi ini terdiri dari observasi pembelajaran guru dan siswa berkebutuhan khusus Autis, wawancara secara langsung dengan kepala sekolah dan guru pendidikan agama islam. Dalam penelitian ini didukung dengan dokumentatif secara literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat. Selanjutnya, peneliti menganalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Nurasih berbeda dengan sekolah SLB (Sekolah Luar Biasa) pada umumnya, yakni pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik Autis dilaksanakan secara bersamaan dengan peserta yang memiliki ketunaan yang lain. Kurikulum yang diterapkan di SLB (Sekolah Luar Biasa) Nurasih Ciputat adalah kurikulum 2013. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan agar peserta didik mampu menjadi terampil, cerdas, berkarakter, sesuai minat, bakat, prestasi dan potensi yang dimiliki untuk menuju hidup mandiri, berdasarkan iman dan taqwa. Metode pembelajaran pendidikan agama islam yang diterapkan di SLB Nurasih Ciputat adalah metode Ceramah, drill, tanya jawab, demonstrasi dan keteladanan. Dari metode ini semuanya diterapkan dalam pelaksanaan Pedidikan Agama Islam dan disesuaikan dengan masingmasing siswa dengan kebutuhan khusus yang dimilikinya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) en_US
dc.subject Anak Autis en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Mental Anak Autis” di SLB Nurasih Ciputat kota Tangerang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account