Abstract:
Membaca Al-Qur’an hukumnya Fardlu ‘ain bagi semua orang Islam
yang mukallaf. Namun, dalam membaca Al-Qur’an tentu saja memerlukan
suatu metode atau usaha yang dapat memudahkan dalam proses membaca al-
Qur’an dengan baik dan benar, yangs angat diperlukan adalah metode yang
cocok dalam pembelajaran ini agar tercapainya kemampuan membaca Al-
Qur’an secara baik dan benar, dan tidak semua perguruan tinggi menerapkan
pembelajaran Al-Qur’an, apalagi dalam membaca Al-Qur’an yang baik dan
benar. Disini penulis mengamati metode bagdadi yang merupakan salah satu
pembelajaran membaca Al-Qur’an yang berada di IIQ Jakarta, sehingga
penulis ingin mengetahui bagaimana pembelajaran metode bagdadi dan
implementasinya pada kemampuan membaca Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Bagaimana strategi dalam
pembelajaran metode bagdadi di IIQ Jakarta. 2. ,e,aha,i bagaimana penerapan
pembelajaran metode bagdadi di masyarakat luar. 3. Menemukan
Untuk mencapai tujuan tersbut, digunakan metode pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang
telah dilakukan bahwa hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode
bagdadi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Pesantren IIQ Jakarta.
pembelajarannya meliputi dua aspek yaitu ketika diterapkan pada madrasah
diniyyah (madin) dan juga diterapkan pada hari libur sabtu dan minggu yang
untuk pengkaderan, pada pertemuan pertama itu di isi dengan pengenalan
metode bagdadi secara menyeluruh kepada semua peserta didik dan pada
pertemuan selanjutnya sampai dengan pertemuan pada akhir semester akan
diadakan halaqah yang pengajarnya merupakan mahasantri yang ikut
pengkaderan di pembelajaran sabtu dan minggu.