Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kecendrungan perilaku
agresif di SMA Negeri 70 yang terjadi dan perlu peran dari guru PAI dalam
mengatasi kecendrungan perilaku agresif tersebut agar siswa dapat mematuhi
tata tertib sekolah sesuai tata tertib yang ada dan menjadi generasi yang baik
dengan tidak melakukan yang tidak sesuai norma. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif yang mencoba mendiskripsikan data-data yang diperoleh
peneliti di lapangan dengan mengambil latar belakang di SMA Negeri 70
Jakarta, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Dan tujuan penelitian untuk mengetahui peran guru PAI
dalam mengatasi kecendrungan perilaku agresif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa guru PAI mempunyai peran yang sangat penting dalam
mengatasi kecendrungan perilaku agresif di SMA Negeri 70 Jakarta. Peran
guru PAI dalam mengatasi kecendrungan perilaku agresif menyesuaikan
landasan pedagogis sebagai pembangun kerjasama. Kerjasama tersebut
dilakukan bersama guru-guru lain terutama dengan guru BK dan guru PAI
dan kerjasama tersebut juga dilakukan dengan orang tua siswa supaya
masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa bisa terselesaikan dengan baik.
Tindakan beberapa guru PAI dalam mengatasi kecendrungan perilaku agresif
tersebut sudah berjalan dengan baik, ideal dan sesuai dengan kebijakan yang
ada. Kecendrungan perilaku agresif merupakan tanggung jawab semua
pihak. Sudah menjadi kewajiban bersama untuk mendidik dan mengajar
peserta didik guna membentuk generasi baru yang berkualitas. Mendidik dan
mengajar bukan merupakan pekerjaan yang mudah dan dapat dilakukan
secara serampangan, namun merupakan kebutuhan pokok atau kewajiban
yang harus dipenuhi oleh setiap muslim