Abstract:
Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyaknya para santri yang
belum memahami ilmu nahwu dan shorof sehingga menyebabkan para santri
cenderung bermalas-malasan mengikuti pelajaran di pesantren. Salah satu
penyebabnya adalah strategi yang digunakan dalam pembelajaran nahwu dan
shorof tidak dapat mengembangkan semangat para santri dalam mempelajari
ilmu nahwu dan shorof. Dari fenomena tersebut, dibutuhkan strategi dan
metode yang tepat untuk memahami nahwu shorof, yaitu dengan strategi
peer teaching dan metode Al-Miftah Lil’ulum. Dalam hal ini penulis
merumuskan masalah yaitu Bagaimana Strategi Peer Teaching Agar Mudah
Belajar Nahwu dan Shorof di Pondok Pesantren Salafiyah Terpadu Al-Um
dan Apa pengaruh metode Al Miftah Lil‟ulum dalam proses pembelajaran
nahwu dan shorof di Pondok Pesantren salafiyah Terpadu Al-Um. Adapun
metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil yang
dicapai dari strategi peer teaching dalam pembelajaran nahwu dan shorof
membuat para santri lebih aktif serta dengan adanya metode Al-Miftah
Lil’ulum membantu dalam proses pengembangkan para santri memahami
kitab berbahasa Arab di pesantren