DSpace Repository

Pendekatan Peer Teaching dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorof dengan Metode Al- Miftah Lil’ulum (Studi Kasus Kelas VIII SMP di Pondok Pesantren Salafiyyah Terpadu Al-Um Bogor)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Dimyathi Badruzzaman
dc.contributor.author Siti Muzdalifah, 15311630
dc.date.accessioned 2020-08-05T06:31:28Z
dc.date.available 2020-08-05T06:31:28Z
dc.date.issued 2019-08
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1007
dc.description.abstract Latar belakang masalah penelitian ini adalah banyaknya para santri yang belum memahami ilmu nahwu dan shorof sehingga menyebabkan para santri cenderung bermalas-malasan mengikuti pelajaran di pesantren. Salah satu penyebabnya adalah strategi yang digunakan dalam pembelajaran nahwu dan shorof tidak dapat mengembangkan semangat para santri dalam mempelajari ilmu nahwu dan shorof. Dari fenomena tersebut, dibutuhkan strategi dan metode yang tepat untuk memahami nahwu shorof, yaitu dengan strategi peer teaching dan metode Al-Miftah Lil’ulum. Dalam hal ini penulis merumuskan masalah yaitu Bagaimana Strategi Peer Teaching Agar Mudah Belajar Nahwu dan Shorof di Pondok Pesantren Salafiyah Terpadu Al-Um dan Apa pengaruh metode Al Miftah Lil‟ulum dalam proses pembelajaran nahwu dan shorof di Pondok Pesantren salafiyah Terpadu Al-Um. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil yang dicapai dari strategi peer teaching dalam pembelajaran nahwu dan shorof membuat para santri lebih aktif serta dengan adanya metode Al-Miftah Lil’ulum membantu dalam proses pengembangkan para santri memahami kitab berbahasa Arab di pesantren en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peer Teaching en_US
dc.subject Pembelajaran Nahwu dan Shorof en_US
dc.subject Metode Al- Miftah Lil’ulum en_US
dc.title Pendekatan Peer Teaching dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorof dengan Metode Al- Miftah Lil’ulum (Studi Kasus Kelas VIII SMP di Pondok Pesantren Salafiyyah Terpadu Al-Um Bogor) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account