DSpace Repository

Implimentasi Konsep Pendidikan Ulul Albab Dalam QS. Ali Imran Ayat 190-191 Di MAN Insan Cendekia Serpong

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pahrurraji
dc.contributor.advisor Abdul Halim
dc.contributor.author Nadra Ulfah, 218430224
dc.date.accessioned 2020-08-07T08:39:27Z
dc.date.available 2020-08-07T08:39:27Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1014
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya mengimplementasikan konsep pendidikan Ulûl Albâb QS. Âli ‘Imrân ayat 190-191 kedalam proses pembelajaran dalam lembaga pendidikan. Konsep ini mengandung cara penyeimbangan manusia dalam hal ibadah dan pengetahuan. Sebagai lembaga acuan, MAN Insan Cendekia Serpong tetap berusaha menerapkan, baik dalam pembelajaran sekolah maupun kegiatan keasramaan. Dengan tujuan, dapat menyeimbangkan kualitas IMTAK (Iman dan Takwa) dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana konsep pendidikan Ulûl Albâb dalam QS. Âli ‘Imrân ayat 190-191, 2) Bagaimana Implementasi konsep pendidikan Ulûl Albâb QS. Âli ‘Imrân ayat 190-191 di Madrasah Aliyah Negri Insan cendekia Serpong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam bentuk studi kasus. Data diperoleh dari MAN Insan Cendekia Serpong, sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumennya yaitu peneliti sendiri dan pedoman pengumpulan data. Data diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1) konsep pendidikan Ulûl Albâb dalam QS. Âli ‘Imrân ayat 190-191 adalah konsep pendidikan yang menjelaskan secara rinci proses mendapatkan pengetahuan. Dalam konsep ini, yang dapat memberikan pengetahuan adalah Allah SWT. manusia hanya bisa berusaha berfikir dan mencari cara. Kemudian konsep ini menekankan agar manusia selalu ingat kepada Allah SWT sebagai pencipta dan mengingatkan manusia bahwasannya tujuan mendapatkan ilmu pengetahuan adalah suatu bentuk pengabdian kepada Allah SWT untuk menggapai ridhoNya. 2) Implementasi konsep pendidikan Ulûl Albâb QS. Âli ‘Imrân ayat 190-191 di Madrasah Aliyah Negri Insan cendekia Serpong, sampai saat ini terus diupayakan. Kualitas implementasi konsep tersebut semakin baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Konsep Pendidikan Ulûl Albâb QS. Âli ‘Imrân ayat 190-191 en_US
dc.subject Madarsah Aliyah Negeri Insan Cendekia Serpong en_US
dc.title Implimentasi Konsep Pendidikan Ulul Albab Dalam QS. Ali Imran Ayat 190-191 Di MAN Insan Cendekia Serpong en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account