Abstract:
Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur`an siswa khususnya pada Bidang Studi Islamic Studies materi Tafsir agar siswa dapat membaca Al-Qur`an dengan tartil, dan sesuai dengan hukum bacaannya. Keterampilan membaca ini juga sangat mendasar, misalnya pada pelafalan, dan intonasi, termasuk pada pembelajaran membaca Al-Qur`an yang masih belum optimal dikuasai oleh siswa. Di dalam kegiatan penelitian ini untuk dapat memperoleh hasil yang baik dan mengenai sasaran, penulis perlu menggunakan suatu metode yang tepat, teratur, dan berhati-hati serta penuh pencermatan di dalam perencanaan dalam suatu penelitian. Penelitian ini difokuskan pada penerapan metode modelling dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur`an siswa dalam pembelajaran Islamic Studies khususnya pada materi Tafsir.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi dan wawancara dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca Al-Qur`an siswa dalam pembelajaran Islamic Studies khususnya pada materi tafsir dapat ditingkatkan dengan penerapan metode modelling. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil pencapaian yakni penulis dapat persentasekan nilai proses sebesar 6,28% dan nilai produk sebesar 7,38%.