DSpace Repository

Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Nurul Burhan Manaqib Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author AMRINA ROSYADA, 16311725
dc.date.accessioned 2020-09-22T04:00:41Z
dc.date.available 2020-09-22T04:00:41Z
dc.date.issued 2020-08-26
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1144
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab manaqib Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani, dimana dilatar belakangi oleh fenomena masa kini yang banyak mencerminkan perilaku negatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konteks, sedangkan metode kajian analisis berupa studi pustaka (library research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani terlahir di desa Jilan tahun 470 H. Beliau adalah seorang waliyullah yang terkenal dibumi dan dilangit. Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam dalam kitab manaqib Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani meliputi: Nilai pendidikan akhlak kepada Allah dan rasul (membahas ketaatan kepada Allah), nilai akhlak kepada diri sendiri (membahas mengenai menghiasi diri dengan ilmu, menjaga wudhu), dan nilai akhlak kepada sesama manusia (membahas mengenai menghadapi orang kaya, miskin, dan guru). Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab manaqib Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani masih sangat relevan dengan kehidupan masyarakat sekarang sebagai acuan berperilaku untuk menyikapi fenomena masa kini yang banyak menimbulkan kemerosotan akhlak dalam masyarakat en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan Akhlak en_US
dc.title Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Nurul Burhan Manaqib Syeikh Abdul Qodir Al-Jailani en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account