DSpace Repository

Implementasi Budaya Religius dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa di SMP Muslim Asia Afrika

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasanah
dc.contributor.author Renisa Mahasti, 16311747
dc.date.accessioned 2020-09-22T05:03:50Z
dc.date.available 2020-09-22T05:03:50Z
dc.date.issued 2020-08-21
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1150
dc.description.abstract Kedisiplinan dalam proses pendidikan sangat diperlukan bukan hanya untuk menjaga kondisi belajar dan mengajar berjalan dengan lancar, tetapi juga untuk menciptakan pribadi yang kuat bagi setiap siswa. Namun faktanya ada banyak Kenakalan remaja atau perilaku menyimpang yang terjadi dan itu disebabkan karena ketidakdisiplinan remaja terhadap aturan yang berlaku didalam keluarga, masyarakat atau sekolah. Berdasarkan berberapa permasalahan tersebut sekolah memiliki peran dalam meminimalisir dan menanggulangi kenakalan remaja, dengan meningkatkan dan memperkuat karakter kedisiplinan melalui penerapan dan pembiasaan, maka diciptakan budaya religius yang dilaksanakan sekolah dengan tujuan agar peserta didik mempunyai sikap disiplin dan kepribadian yang baik. Tujuan penelitian untuk mendeskrispsikan bagaimana implementasi budaya religius dalam menumbuhkan sikap disiplin siswa di SMP Muslim Asia Afrika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis yang digunakan yaitu reduksi data/data reduction, penyajian data/data display, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa Implementasi budaya religius yang diterapkan di SMP Muslim Asia Afrika dapat menumbuhkan sikap disiplin siswa. Budaya religius yang merupakan penanaman nilai-nilai keagaaman melalui pembiasaan dilakukan dengan penerapan kegiatankegiatan rutin yang berjalan dengan baik, adapun kegiatan budaya religius yang ada di SMP Muslim Asia Afrika antara lain : mengedepankan budaya senyum, sapa dan salam, Sholat dhuha dan sholawat berjama’ah, sholat dzhuhur berjama’ah, Pendidikan Qur’an Musika (PQM), Musika Jum’at Peduli (MJP), kajian keputrian, semarak musika, dan pesantren kilat ramadhan. Dengan adanya kegiatan yang dilakukan secara rutin atau terusmenerus ini, maka akan menjadi suatu kebiasaan dan dapat menumbuhkan sikap kedisiplinan siswa. Adapun usaha yang dilakukan untuk terus menjalankan kedisiplinan itu yaitu dengan adanya peraturan yang berbentuk poin-poin, sanksi atau hukuman yang ditetapkan, dan juga penghargaan yang diberikan, dengan begitu kedisiplinan siswa dapat terus terlaksana dengan baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Budaya Religius en_US
dc.subject Kedisiplinan Siswa en_US
dc.title Implementasi Budaya Religius dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa di SMP Muslim Asia Afrika en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account