DSpace Repository

Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial SD Dua Mei Ciputat)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Eka Naelia Rahmah
dc.contributor.author Mutiara Tsani, 15311583
dc.date.accessioned 2021-02-17T07:17:47Z
dc.date.available 2021-02-17T07:17:47Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1205
dc.description.abstract Seiring dengan perkembangan zaman, di era globalisasi ini nilai-nilai kepedulian sosial terus mengalami degradasi khususnya dikalangan sekolah dasar, pelajar dan generasi muda, nilai-nilai kepedulian saat ini mulai luntur contohnya sikap ingin menang sendiri, tidak setia kawan dan lain sebagainya, penyebab lunturnya nilai-nilai tersebut sangat beragam, diantaranya karena kesenjangan sosial atau status sosial, karena sikap egois masing-masing individu, kurangnya pemahaman atau penanaman tentang nilai-nilai kepedulian sosial, kurangnya sikap toleransi, simpati dan empati. Adapun rumusan masahnya adalah Bagaimana cara guru menumbuhkan rasa kepedulian sosial terhadap siswa ? Bagaimana Strategi guru PAI dalam menumbuhkan kepedulian sosial siswa? Bagaimana program kerja dan rencana kerja guru dalam menumbuhkan nilai kepedulian sosial siswa?. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek guru dan siswa kelas IV, V, VI, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sudah menanamkan nilai kepedulian sosial di SD Dua Mei Ciputat. Penanaman tersebut meliputi: 1. Cara verbal melalui motivasi, nasihat, cerita, teguran, hukuman, pujian, dan non verbalnya melalui pembiasaan prilaku teladan: 2. Strategi keteladanan, kegiatan spontan teguran, pengondisian lingkungan dan kegiatan rutin belum dilaksanakan dengan baik dan maksimal. 3. Guru menggunakan model gabungan dengan mengintegrasikan penanaman nilai melalui pelajaran dan luar pelajaran en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pendidikan nilai en_US
dc.subject penanaman nilai kepedulian sosial en_US
dc.title Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial SD Dua Mei Ciputat) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account