DSpace Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Sekolah Adiwiyata Mandiri di SMAN 9 Kota Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syahidah Rena
dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al Ghifary Slamet
dc.contributor.author Leni Herlina, 218430236
dc.date.accessioned 2021-03-17T08:39:56Z
dc.date.available 2021-03-17T08:39:56Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1234
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan program Sekolah Adiwiyata Mandiri (SAM) di SMAN 9 Kota Tangerang Selatan, pelaksanaan pembelajaran PAI berwawasan adiwiyata mandiri di dalamnya, dan untuk mengetahui peran guru PAI dalam upaya mengembangkan budaya SAM di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dan teknik analis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). pengembangan program Sekolah Adiwiyata Mandiri (SAM) di SMAN 9 Kota Tangerang Selatan adalah melalui lima cara, yaitu a). membuat kebijakan-kebijakan sekolah yang mendukung terlaksananya program SAM tersebut, b). mengadakan kegiatan-kegiatan peduli lingkungan, c). pembuatan dan pemeliharaan sapra yang ramah lingkungan, d). pelaksanaan mitra sekolah yang mendukung program SAM, dan e). sosialisasi sekolah untuk pengembangan program tersebut kepada orang tua, peserta didik, masyarakat sekitar, dan kepada sekolah-sekolah lainnya, 2). pelaksanaan pembelajaran PAI berwawasan adiwiyata mandiri di dalamnya dapat dilaksanakan dengan dua cara, yaitu a). menggunakan kurikulum 2013 yang terintegrasi dengan kurikulum lingkungan hidup pada mata pelajaran PAI, dan b). melaksanakan pembelajaran PAI dengan mendorong guru PAI membuat silabusnya, RPP-nya, menyusun materinya, pelaksanaan pembelajarannya dengan berbagai metode, dan melaksanakan penilaian pembelajarannya dengan instrumen authentic assessment dan 3). peran guru PAI dalam upaya mengembangkan budaya SAM di dalamnya adalah dalam dua hal, yaitu a). dalam proses KBM sebagai pengelola kelas, pembimbing, dan motivator, dan b). di luar proses KBM sebagai fasilitator, dan mediator serta bekerja sama dengan guru-guru lain untuk pemberian nasihat, pembiasaan ibadah, pelaksanaan kegiatan jum’at sehat dan bersih, dan memberikan keteladanan atau uswatun hasanah kepada para peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Sekolah Adiwiyata en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Sekolah Adiwiyata Mandiri di SMAN 9 Kota Tangerang Selatan en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account