Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self regulated learning siswa kelas VIII Mts Az-zain Jaya Sukabumi dan pengaruh self-regulated learning terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII Mts Az-zain Jaya Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah kuanitatif dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan Tingkat self-regulated learning siswa kelas VIII Mts. di Yayasan Az-zain Sukabumi dengan 40 responden berdasarkan analisis statistik yakni dilihat dari frekuensi skor total terdapat 12,5% dikategorikan rendah, 67,5 % dikategorikan sedang, daan 20 % dikategorikan tinggi. Sedangkan signifikansi variabel X tehadap Y diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,480, maka hipotesis nihil (Ho) diterima maksudnya tidak ada pengaruh yang signifikan antara self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII Mts. Di Yayasan Az-Zain Sukabumi. Diketahui nilai R-square sebesar 0,013 artinya bahwa pengaruh variabel X (self-regulated learning) terhadap variabel Y (prestasi Belajar) sebesar 1,3 % (tidak signifikan) dan 98,7 % dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitia ini