DSpace Repository

Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam „Abdullah bin Alwi al-Haddȃd dalam kitab an-Nashȃih ad-Dîniyyah Wa al-Washȃyȃ al- Îmȃniyyah

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Rahma Aziz
dc.contributor.author Badriyatul Mudiah, 16311687
dc.date.accessioned 2021-08-27T05:34:30Z
dc.date.available 2021-08-27T05:34:30Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1286
dc.description.abstract Di Era Globalisasi saat ini yang mengalami perkembangan ilmu pengetahuan memberikan dampak positif dan negatif, dampak positif ilmu pengetahuan saat ini memberikan kemudahan kepada manusia dalam beraktivitas namun dampak negatifnya menimbulkan krisis akhlak ditandai amoral di bawah umur (premature immoralities), penyimpangan sosial, pergaulan bebas, lunturnya nilai-nilai kemanusiaan, rasa rasionalisme berkurang dan permasalahan akhlak lainnya yang sangat mengkhawatirkan dunia pendidikan. Pada penelitian ini penulis mengangkat permasalahan akhlak yang terjadi di Era Globalisasi ini dengan konsep pendidikan akhlak menurut Imam „Abdullah bin Alwi al-Haddȃddalam kitabnya an-Nashȃih ad-Dîniyyah Wa al-Washȃyȃ al- Îmȃniyyah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak perspektif Imam „Abdullah bin Alwi al-Haddȃddalam kitabnya an-Nashȃih ad-Dîniyyah Wa al-Washȃyȃ al- Îmȃniyyah. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian library research atau penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan pendekatan Content Analysis (analisis isi atau kajian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan akhlak perspektif Imam „Abdullah bin Alwi al-Haddȃdterdiri dari 2 aspek yaitu; pertama, pendidikan akhlak kepada Allah yang isinya tentang ketaatan kepada Allah diantaranya; taubat, sabar, ikhlas, adab membaca Al-Qur‟an, adab berdoa dan adab berpuasa dan sedangkan ketaatan menjauhi semua larangan-Nya diantaranya; menjauhi perbuatan zina, menjauhi minuman keras (khamar). Kedua,pendidikan akhlak kepada manusia,diantaranya; berbuat baik kepada kedua orangtua, berbuat baik kepada tetangga, dan berbuat baik kepada teman. Pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab an-Nashaid ad-Diniyah isinya adalah dalam bentuk perintah, anjuran dan larangan.Konsep pendidikan akhlak Imam Abdullah sangat relevan dengan pendidikan akhlak masa kini yang sangat dibutuhkan pada di Era globalisasi, yang berprinsip pada tolok ukurnya bersumber dari Al-Qur‟an dan hadis en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Akhlak en_US
dc.title Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Imam „Abdullah bin Alwi al-Haddȃd dalam kitab an-Nashȃih ad-Dîniyyah Wa al-Washȃyȃ al- Îmȃniyyah en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account