DSpace Repository

Pengaruh Self-Leadership Terhadap Penyesuaian Akademik Mahasiswa Baru Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta 2020- 2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Wilda Awalia, 17311801
dc.date.accessioned 2021-09-09T08:00:59Z
dc.date.available 2021-09-09T08:00:59Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1332
dc.description.abstract Dalam hal akademik biasanya mahasiswa baru mengalami kesulitan dalam hal studi seperti metode pembelajaran yang berbeda dengan SMA, salah dalam memilih jurusan, cara dosen mengajar di kelas, tugas perkuliahan, materi pelajaran yang sulit, system akademik perkuliahan yang berbeda di SMA seperti adanya SKS (satuan kredit semester) untuk menentukan jumlah mata kuliah. Maka dari itu agar mahasiswa dapat menyesuaikan akademik dengan baik dibutuhkan kemampuan untuk mengelola waktu dan memiliki kepemimpinan diri yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengatahui pengaruh antara selfleadership dengan penyesuaian akademik mahasiswa baru IIQ Jakarta tahun ajaraan 2020/2021. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 534 mahasiswa, yang dijadikan objek adalah seluruh mahasiswa Institut Ilmu Al-Qur‟an (IIQ) Jakarta dengan jumlah sampel 84 orang. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil analisis data yang telah dilakukan didapat nilai perhitungan product moment r = 0,803 sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,213. Artinya terdapat hubungan searah antara self leadership dengan penyesuaian akademik, atau semakin bagus self leadership maka akan semakin baik pula penyesuaian akademik. Untuk mengetahui seberapa besarnya tingkat pengaruh dan hubungannya didapat dari hasil perhitungan koefisien determinasi (kd) sebesar 64,5%, hal ini mempunyai arti bahwa self leadership mempunyai pengaruh sebesar 64,5% bagi peningkatan penyesuaian akademik, sedangkan sisanya sebesar 35,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang turut menentukan tetapi tidak diteliti en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Self leadership en_US
dc.subject Penyesuaian Akademik en_US
dc.subject Mahasiswa en_US
dc.title Pengaruh Self-Leadership Terhadap Penyesuaian Akademik Mahasiswa Baru Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta 2020- 2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account