DSpace Repository

Pengaruh Pendekatan Active Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang-Kepulauan Riau

Show simple item record

dc.contributor.advisor Romlah Widayati
dc.contributor.author Wirdatul Aini, 17311838
dc.date.accessioned 2021-09-09T08:44:06Z
dc.date.available 2021-09-09T08:44:06Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1339
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam yang kurang optimal serta banyaknya peserta didik yang tidak mencerminkan karakter atau akhlak yang baik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui penerapan dan pengaruh dari pendekatan active learning terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter Islami siswa SMPN 4 Tanjungpinang. Adapun masalah yang diangkat dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan pengaruh pendekatan active learning terhadap pembelajaran pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter Islami Siswa SMPN4. Menurut salah satu penelitian terdahulu terdapat persamaan dengan penelitian ini yaitu sama-sama membahas tentang membentuk karakter Islami siswa. Sedangkan perbedaannya terletak pada pendekatan yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Tempat penelitian ini di SMPN 4 Tanjungpinang, kepulauan Riau. Sumber data utama penelitian ini adalah siswa/i SMPN 4 dan guru PAI. Adapun sumber sekunder penelitian ini berasal dari data sekolah, dan studi kepustakaan seperti buku, jurnal, skripsi dan lain-lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif, uji validitas dan reabilitas, uji normalitas, uji korelasi dan uji regresi linear sederhana Hasil perhitungan dari data kuesioner atau penyebaran angket menyatakan bahwa, adanya pengaruh positif dan signifikan antara variable X “pendekatan active learning” terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter Islami siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Hal ini sesuai dengan hasil perhitungan Uji Regresi Linear sederhana yaitu sebesar 61,0%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga menjelaskan bahwa hipotesis awal diterima. Temuan lain dari penelitian ini yaitu adanya program religius yang diterapkan oleh sekolah dan menjadi faktor pendukung dalam membentuk karakter Islami siswa en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject active learning en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.subject Membentuk karakter Islami en_US
dc.title Pengaruh Pendekatan Active Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang-Kepulauan Riau en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account